About

Sampaikanlah walau hanya satu ayat... Terimakasih sudah mengunjungi catatan ku. Selamat membaca ! :)
RSS

Resensi Novel Kejutan Cinta


Nama : Rr.Risang Ayu D.P.
 Kelas : XI-Aksel
      No.Absen : 15
Tugas Membuat Resensi Novel


Judul Novel                 : Kejutan Cinta (Smooth-talking Stranger)
Terbitan                     : 1 April 2010
Penulis                       : Lisa Kleypas
Jumlah halaman          : 416
Penerbit                     : Dasjay Romance

        Lisa Kleypas adalah seorang penulis dari Washington yang menulis   puluhan novel yang berhasil meraih penghargaan RITA . Buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam 14 bahasa dan menjadi bestseller di seluruh dunia . Pada usia 21 tahun , setelah meraih gelar sarjana ilmu politik dari Wellesley Collage , Lisa menerbitkan novel pertamanya . Pada saat yang bersamaan, di tahun 1985, ia juga dinobatkan sebagai Miss America dan menyanyikan lagu yang ditulisnya sendiri , sehingga memperoleh penghargaan nonfinalis yang berbakat .
        Kejutan Cinta karya Lisa kleypas ini menceritakan seorang wanita komunis dengan nama samaran Miss Independent atau nama asli Ella Varner . Ia memiliki semua jawaban untuk berbagai maslah yang timbul dalam kehidupannya. Namun, ketika adiknya menghilang dan meninggalkannya dengan bayi yang baru lahir, ia baru menyadari bahwa masalah di dunia nyata tidak begitu mudah dipecahkan seperti dalam kolom-kolomnya. Ella kemudian melacak ayah bayi itu, yang kemungkinan adalah miliader real-estate Texas, Jack Travis.
        Sebenarnya Ella Varner, dan adiknya Tara Varner dilahirkan oleh seorang ibu yaitu Candy Varener yang mereka panggil Mom, dan seorang ayah yang meninggalkan mereka karena mom adalah seorang wanita tidak setia, dan menginginkan kebahagiaan sepenuhnya dalam hidupnya . Diantara mantan-mantan suami Mom ada satu orang yang sangat peduli yaitu Steve ia sangat sayang terhadap Ella , dan Tara ,Steve khawatir kalau dianta mereka akan ada yang memiliki kebiasaan seperti ibunya . Ada juga mantan suami mom yang sangat jahat yaitu Roger. Roger sering memanjakan, dan membujuk rayu Tara yang memiliki wajah cantik dan badan yang proposional . Namun, Ella berhasil melindungi adiknya hingga ia kehilangan sebagian darahnya sayatan pisau.
        Setelah Ella dewasa ia hidup sendiri tanpa Mom, dan adiknya. Ella mempunyai kekasih bernama Dane mahasiswa Universiy of Texas yang tampan, pintar, tetapi lebih mengutamakan kepentingan dunia daripada kepentingan dirinya sendiri. Saat itu Ella sedang bersama Dane dan tiba-tiba Mom menelefon nya dan memberitahu bahwa ia butuh bantuan Ella karena Tara memiliki bayi yang ditinggalkannya yang diberinama Luke Verner. Ella pun teringat perkataan Steve. Ternyata dugaan Steve benar bahwa Tara lah yang memiliki kebiasaan seperti Mom. Ella,dan Dane pergi menuju Houston menemui Mom. Disanalah terjadi peristiwa yang tidak mengasingkan baginya Ella mengingat masa lalunya dan menceritakannya pada Dane. Sesampainya disana terlihat mom yang sedang gelisah karena tangisan bayi. Ella langsung memberi susu untuk Luke sambil berbincang dengan Mom. Mom mengatakan bahwa ia tak tahu keberadaan Tara, ia hanya tahu bahwa yang menemani Tara melahirkan aadalah Liza .
Sejak itulah Ella Verner memulai petualangannya mencari keberadaan Tara, dan mencari siapa ayah dari Luke. Liza memberitahu Ella bahwa Tara pernah berkencan dengan Jack Travis kemungkinan kecil Tara bersama dengan Jack. Tanpa bertutur kata Ella membawa    Luke menuju Gedung 1800 Main milik Jack Travis. Sesampainya di tempat itu Ella terpukau melihat surga dunia yang indah itu, ia disambut oleh resepsionis bernama Helen. Ketika Jack datang,ia langsung menggendong Luke. Jack menginginkan Ella, dan Luke untuk menginap di hotelnya. Ella menelefon Liza tentang keberadaan Tara , katanya Tara berada di klinik Mountain Valley Wellnes sebuah tempat perawatan,dan pemulihan. Ella pun menelefon Tara, sekarang ia baik-baik saja bersama Mark Gottler seorang pastor dan ia meyakinkan kakaknya bahwa Jack bukan ayah dari Luke serta menyuruh kakaknya agar tidak melakukan tes DNA. Setelah itu Ella merawat Luke, ia menyesal karena ia tidak bisa merawat bayi, dan ia menyesal tidak membantu temannya Stacy, dan Tom saat mempunyai anak perempuan bernama Tommie. Karena penyesalan batin itulah Ella kemudian menelefon, dan bercerita pada Stacy, Tom, dan Dane tentang semua yang telah terjadi.
Hal yang menarik adalah semenjak Ella berkenalan dengan Jack perasaan Ella menjadi berubah karena Jack mau melakukan apa saja untuk Ella, dan Luke. Bahkan Ella di kenalkan oleh adik Jack yang bernamaHavenseorang wanita elegant,  Ella tahu kebiasaan, kesukaan, dan keadaan keluarga Churcil Travis,dan Ella sering shoping bersama Haven. Perasaan cinta muncul antara Ella,dan Jack saat mereka makan malam dengan romantisnya di restoran mewah. Jack menyatakan perasaan sayangnya kepada Ella ,Ella menghargainya dan sesungguhnya ia juga mencintai Jack tapi Ella sudah punya Dane. Kebimbangan hati Ella berlangsung lama .
        Ella tetap fokus dengan usahanya bertemu dengan Gottler, dengan bantuan Jack. Jack dan Ella pun  pergi menuju gereja Ethernal Truth namun sebelumnya Ella menitipka Luke dengan Teena seorang babysiter. Sesampai disana Ella terpukau dengan keindahan gereja. Mereka berbincang-bincang dengan Gottler. Akan tetapi Ella justru meluapkan amarahnya dengan pastor itu ia yakin kalau Gottler adalah ayah Luke.Gottlerpun membantah tegas pernyataan itu. Ella dan Jack pun pulang, diperjalanan Ella mengangkat telefon dari Dane bahwa ia akan mengunjungi Ella besok pagi. Jack menjadi cemburu namun keadaan itu kembali pulih saat mereka bercanda tawa kembali. Keesokan harinya Dane datang,dan menginap di apartemen Ella. Setelah Ella menceritakan semua peristiwa yang terjadi, dan mengenai rasa cintanya dengan Jack mereka pun mengakhiri hubungannya. Semenjak hal itu terhjadi Jack menjadi marah bahkan ia tidak membalas pesan Ella. Akhirnya Ella menelefon Haven untuk bercerita. Haven memberinya nasihat, dan mengajaknya ke pesta ulangtahun Dady. Ella pun langsung berdandan dengan gaun birunya dan pergi bersama Haven,serta Hardy menuju pesta. Sesampai disana Ella berkenalan kepada keluarga besar Travis, tak disangka Jack pun datang sehinnga menambah keceriaan suasana saat itu. Jack,dan Ella berdansa sejenak, kemudian mereka pulang ke apartemen. Jack istirahat bersama Ella sambil merawat Luke semalam penuh. Keesokan harinya, mereka berekreasi naik kapal keliling danau hinnga mereka merasakan ketenangan dari semua konflik yang terjadi. Sepulang dari rekreasi Ella mendapat masalah lagi. Ella, dan Tara bertengkar lewat telefon karena hal gila yang dilakukan Ella dengan Gottler. Jack pun menghibur Ella,dan langsung menelfon Gottler untuk menyelesaikan masalah.
        Dibalik masalah itu Ella, dan Luke sering menghabiskan waktu nya bersama Jack, dan keluarga besarnya. Hingga pada suatu hari Ella, Luke, dan Jack pergi kerumah Gage dan istrinya Liberty untuk membantunya membuat kapal untuk Carrington. Disana mereka bahagia mengisi waktu bersama dengan malaikat-malaikat kecil yaitu Luke, danMatthew putra Gage. Setelah itu mereka pulang, akan tetapi sesampainta di apartemen Ella kembali mendapat masalah baru yaitu Liza mengatakan bahwa Mom akan datang ke apartemennya 5 menit lagi. Tiba-tiba bunyi bel berbunyi Ella pun membuka pintu ternyata Mom datang ia langsung berkenalan dengan Jack, dan menggendong Luke. Ella menatap benci Mom karena ia berusaha menggoda Jack. Akhirnya Mom pulang dan mereka beristirahat.
Tiba-tiba Jack berubah karena ia tidak menepati janji-janjinya lagi. Karena penasaran Ella,dan Luke mengecek apartemen Jack.Ternyata disana ada Ashley Everson mantan kekasihnya yang pernah menyakitinya dan sekarang sedang mengalami masalah KDRT dengan suaminya Pete sehingga ia menginginkan untuk kembali ke Jack pun datang. Namun Ashley marah karena Jack lebih memilih Ella. Sedangkan Ella terus berjuang memperjuangkan cintanya pada Jack sampai Ashley menyerah dan pergi.
Setelah masalah demi masalah dilalui Jack terus menghibur Ella dengan penuh kasih sayang yang tulus jika Luke diambil oleh Tara. Tiba-tiba Tara menelefon Ella bahwa ia akan mengambil Luke hari ini. Jack ingin menemani Ella namun Ella melarangnya karena ia takut melihat Jack ikut sedih, lagi pula Jack mempunyai janji dengan Joe untuk memancing. Setelah berpamitan Jackpun pergi, kemudian selang waktu berapa menit Tara pun datang. Tara bercerita tentang hidupnya saat ini, ia mengatakan bahwa ayah Luke adalah Noah. Tanpa basa-basi Tara pergi dengan Luke meninngalkan Ella. Ella larut dalam kesedihan kehilangan Luke sampai menghiraukan telefon dari Jack yang berusaha menghubunginya. Haven pun datang atas suruhan Jack untuk memastikan keadaan Ella, dan menghiburnya. Namun Ella kembali menolak dan ingin sendiri.
Ella kesepian, dan saat itu ia melihat berita TV yang saat itu memberitahukan bahwa terjadi badai besar di tempat dimana Jack dan Joe memancing. Ella langsung menuju apartemen Haven, dan Hardy merekapun ikut cemas. Dan keluarga Travis berusaha mencari mereka. Setelah beberapa jam tim penyelamat menemukan bangkai kapal yang terbakar. Gage mengabarkan kalau mereka ada di RS Garner. Ella,Haven,dan Hardy pun menuju kesana. Sesampainya disana ternyata keluarga Travis sudah berkumpul. Dan muncullah Jack yang langsung memeluk Ella, dan Ella langsung menyatakan keseriusan cintanya pada Jack tangis harupun runtuh disana. Setelah itu Jack menceritakan kronologis kejadian itu,dan sekarang Joe sedang dirawat intensif.
Sesudah melakukan tes MRI Ella, dan Jack kembali ke apartemen. Mereka tersenyum bahagia, Jack langsung memberi Ella sebuah cincin berlian dan surat cintanya. Setelah itu diadakan lamaran keluarga Travis ke keluarga Varner. Disana Ella, dan Jack merasakan kebersamaan terutama dengan Luke. Setelah menikah Ella, dan Jack tinggal sementara di Coloardo karena tuntutan profesi. Satu tahun kemudian mereka pulang dan di jemput oleh keluarga besar,dan Luke yang sudah tumbuh besar. Bahkan Luke memanggil Ella dengan Mommy,Ella pun berkata putraku sayang aku rindu dengan mu.
Kekuatan novel ini terletak pada pentingnya kasih sayang, dan nilai-nilaikesabaran dalam menghadapi masalah. Sebagai novel terjemahan, hasil penerjemahan novel ini patut diberi penghargaan karena dapat mempertahankan pemilihan kata dalam Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar